- Project Set-Up
Menampilkan
apakah suatu proyek adalah memiliki dampak apapun sering sangat sulit,
namun dengan menetapkan tujuan yang tepat di tempat pertama sehingga
dalam dapat dibilang bahwa dalam perancangan interaksi Project setup di
tempatkan dalam urutan pertama.
- JAD workshops
Sebagaimana
telah disebutkan bahwa dalam model ini JAD workshop yang paling
dibutuhkan, Aplikasi desain Bersama (JAD) adalah proses yang digunakan
di daerah prototyping siklus hidup Metode Pengembangan Sistem Dinamis
(DSDM) untuk mengumpulkan kebutuhan bisnis saat mengembangkan sistem
informasi baru bagi perusahaan. "Proses JAD juga mencakup pendekatan
meningkatkan partisipasi pengguna, mempercepat pembangunan, dan
meningkatkan kualitas spesifikasi.
Melalui
workshop JAD pekerja pengetahuan dan spesialis IT yang mampu mengatasi
kesulitan atau perbedaan antara kedua belah pihak mengenai sistem
informasi baru. Lokakarya ini mengikuti agenda rinci dalam rangka untuk
menjamin bahwa semua ketidakpastian antara pihak tertutup dan untuk
membantu mencegah miskomunikasi.
- Iterative Design and Build ( Merancang dan membangun model)
Dalam tahap ini sebuah aplikasi atau interface yang akan dirancang, apa yang dibutuhkan user apa tujuan yang akan di capai.
- Engineer and Test Finall
Dalam
alur kerja model ini Engineer and test finall merupakan tes akhir atau
tahap dimana menjalankan aplikasi yang telah dirancang dan dibangun
sebelumnya.
- Implementation review
Pada
alur kerja perancangan di model ini implementation review atau
pelaksanaan tinjauan. Pada tahap ini apikasi yang telah dirancang dan di
jalankan pada test akhir dilakukan peninjauan, yang mana berfungsi unuk
melihat kesalahan dan memperbaiki nya sebelum di terima oleh user.
• Rapid Application Development
• Proses pengembangan s/w secara
sekuensial linier
• Kecepatan adaptasi yg tinggi, dapat dibuat
dgn cepat dgn pendekatan pembangunan
berbasis komponen
• Jika data, analisa jelas, dan lingkup kecil
maka RAD dapat digunakan dgn baik
• Sering juga disebut ‘versi high speed’ dari
model waterfall,
• Penekanan pd putaran pengembangan
yang pendek
• Pendekatan RAD mengikuti fase sbb ;
• Pemodelan Bisnis, aliran informasi dari
fungsi dimodelkan dgn menjawab ;
informasi apa yg mempengaruhi bisnis,
yang dimunculkan ?, siapa yg
memunculkan ?, Kenapa informasi
diberikan ?, Siapa yang memprosesnya ?
• Pemodelan Data ; Bagian dari pemodelan bisnis yang didefinisikan ke dalam sekumpulan objek data.
• Karakteristik (atribut) dari setiap objek
diidentifikasikan dan hubungannya
• Pemodelan Proses, objek data akan diimplementasikan pada fungsi bisnis.
• Deskripsi proses dibangun untuk penambahan modifikasi, penghapusan, atau pengambilan kembali objek data.
• Pembangkitan Aplikasi, Melakukan penggunaan kembali komponen yang ada (jika mungkin)
• Atau membuat kembali penggunaan kembli komponen jika dibutuhkan.
• Pengujian / pergantian, Proses RAD menekankan pada penggunaan kembali dan komponen program telah siap diuji
Kelemahan RAD
• Model yang besar (skala proyek), membutuhkan resources yg baik dan solid
• Membutuhkan komitmen pengembang dan user yang sama agar cepat selesai sesuai dengan rencana
Model Spiral
• Metode ini dirancang secara revolusioner dengan tahapan yang jelas, tetapi terbuka bagi partisipasi pemesan untuk ikut serta menentukan pemodelan sistem
• Metode ini lambat dan mahal karena setiap tahapan yang dilalui harus menikutsertakan pemesan
• Model ini merupakan perbaikan dari model waterfall dan prototype. Mengabungkan keuntungan model air terjun dan prototype dan memasukkan analissis resiko
• Spiral melibatkan proses iterasi, dimana setiap iterasi bekerja pada satu level produk dimulai dari level prototype awal sampai pada level s/w SIM yang diinginkan
• Setiap perpindahan level didahului analisa resiko
Kuadran spiral
• Customer communication : komunikasi
antar pengembang dan user secara efektif
tuk penentuan kebutuhan kerja
• Planning : mendefinisikan sumber daya,
batas waktu, resources
• Risk analysis : menentukan resiko teknis
dan manajemen
• Rekayasa : membuat satu atau lebih
aplikasi yang dapat diwakili
• Kontruksi dan release : mengkontruksi,
menguji, menginstall dan memberikan
pendukung user (doc dan training)
• Evaluasi user : feed back penilaian user
Model spiral
• Setiap untai mempresentasikan fase
proses s/w.
• Untai paling dalam mungkin berkenaan
dgn kelayakan sistem, dengan definisi
persyaratan sistem, dgn perancangan
sistem, dst.